Senin, 13 April 2009

Indonesia Sadar Asuransi


Asuransi itu ngarepin kita kenapa-kenapa(celaka) ya?

Eits nggak gitu dong, nyang dimaksud asuransi itu adalah mengalihkan tanggung jawab keuangan atas resiko kejadian tersebut ke pihak lain. Kalau asuransi itu ngarepin kita kenapa-kenapa alias pengen sesuatu nyang enggak bagus terjadi sama kita, trus dokter, rumah sakit, apotik sampai tukang tambal ban bisa dibilang sama aja kayak asuransi dong?

Ah ngapain ikut asuransi, tiap bulan cuma nyetor terus, nggak sebanding sama manfaat yang didapet...

Itu asuransi tradisional, alias jadul. Yang pertanggungannya kalo nasabah meninggal baru bisa nge klaim, meskipun (Hii.. jangaan3x sampai terjadi sama kita) si nasabah kecelakaan parah, karena pertanggungannya meninggal, ya sampai si nasabah meninggal, baru klaimnya bisa dicairkan oleh perusahaan asuransi. Selain itu selama kita masih mau jadi nasabah kita kudu terus bayar premi seumur hidup. Kalau mau berhenti uang premi yang udah kita setorin selama jadi nasabah bakalan angus atau paling2 cuma dibalikin 25%. Huu... Cape dehhh...

Ngapain ikut asuransi? Saya masih sehat ini.....
Justru saat sehat itulah kesempatan kite jadi nasabah, kalo udah sakit, perusahaan asuransi manapun enggak ada yang mau bantu Sodara2. Percaya deh.

Asuransi Pribadi? Enggak perlu! saya kan udah punya dari kantor tempat saya kerja.

Betul. Tapi sampe kapan? Saat kita masih aktif dan bisa bekerja di perusahaan tersebut kan? Misalkan kita kena stroke, trus enggak bisa kerja lagi. Otomatis kita dirumahkan dong. Kalau kita enggak bisa pulih dalam jangka waktu tertentu, pasti akan diminta untuk mengundurkan diri. Setelah itu apa asuransi dari kantor masih mau bantu? OK, Bila saat ini Sobat sudah merasa yakin oleh asuransi kantor, saatnya untuk memikirkan proteksi bagi suami, istri, anak maupun keluarga Sobat.

Asuransi mungut preminya rajin, giliran klaim ribeet banget

Nyang namanya asuransi itu tugasnya cuma satu: Bayar Klaim! Kenapa sampai
asuransi nolak bayar klaim cuma ada tiga alesan:
1. Calon nasabah atau si agen asuransi enggak jujur saat diminta mengisi
riwayat kesehatan.
2. Seseorang masih aktif sebagai nasabah di perusahaan asuransi tersebut.
3. Nasabah dibunuh oleh ahli warisnya.

Ikut asuransi? Ntar dulu ah belon perlu.

Sesuatu nyang enggak langsung kerasa manfaatnya, pasti bakalan sedikit peminatnya. Tul nggak? Contohnya banyak orang yang males untuk ngerjain perintah agama. Kenapa? Karena kebaikannya (pahala) enggak dibayar cash (langsung). Coba deh kalo dibayar cash. Lain ceritanya.
Sama kayak asuransi, sekarang saat kita sehat asuransi itu pasti kebutuhan tersier yang nomor sekian. Tapi saat terjadi sesuatu sama kita, asuransi bisa menjadi kebutuhan primer bagi kita maupun keluarga.

Sob, asuransi jaman sekarang lain, enggak beda kayak kita nabung di Bank, kita punya saldo, dan saldo tersebut bisa diambil saat kita lagi butuh. Cara tersebut akan membuat kita memiliki budaya menabung teratur, pinjem istilah orang2 perencana keuangan, menabung itu di awal begitu dapet rejeki, bukannya kalo ada sisaan biaya hidup baru kita nabung.

Kalo sama kayak Bank, ya mending nabung di Bank aja atuh! Praktis, bisa buat bayar tagihan, tarik tunai gampang....

Bener, tapi pas kita sakit, trus butuh biaya banyak apa bank mau ngasih pinjeman kredit untuk ngobatin orang sakit?

Secara konsep hampir sama kok antara bank vs asuransi. Bank musti setor, asuransi ya kudu nyetor. Bank bisa tarik tunai, asuransi ya sami mawon. Bank motong saldo untuk biaya administrasi, asuransi ya pada bae. Bedanya, bank bisa buat bayar aneka tagihan, PLN, Telpon, PAM, Kartu Kredit dsb..
Sementara asuransi bisa untuk ganti biaya rumah sakit, biaya berobat, biaya pertanggungan cacat tetap & kematian, sampai tunjangan hingga kita berumur 65 tahun!
Kata Pepatah Barat, 'jangan taruh telurmu hanya dalam satu keranjang' kalo selama ini Sobat sudah biasa nyimpen duit di bank, ya saatnya di bagi dua, separo di bank, separo lagi di asuransi. Uang Sobat enggak ilang kok. Karena tiap bulan bakalan dikirimin laporan saldonya.

keyakinan juga bukan halangan untuk proteksi diri, sekarang sudah ada asuransi syariah.
Ayo tunggu apa lagi? Proteksi diri anda sejak dini.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar